SELALU BERUSAHA DAN BERDOA'A

Kamis, 12 Maret 2009

Tips Untuk Test Speedy Anda........

Ada banyak hal yang perlu kita coba dan kita lihat ketika kita mau pake Internet, ternyata speedy kita gak bisa conect. Hmmm.... jangan panik dulu dan jangan marah-marah dulu.Kita biasanya kalo dihadapkan dengan masalah ini pasti langsung panik dan marah-marah menyalahkan Provider, tapi kadang memang bukan kesalahan di Kita sih.... sering juga terjadi karena kesalahan providernya sendiri. naah untuk itu Saya disini akan mencoba berbagi sedikit tips untuk speedy anda.....Coba deh semoga aja bermanfaat yaaa....

1. Cek Kabel Telepon

Sambungkan pesawat telepon ke kabel telepon, dengarkan nada sambung Telkom.
Jika tidak ada nada sambung berarti kabel telepon ke arah telkom putus.
Jika ada nada sambung tapi “kotor” usahakan untuk mencari penyebabnya, biasanya sambungan kabel yang tidak baik.
Jika ada nada sambung dan jernih berarti kabel telepon tersambung dengan baik ke sentral telepon.

Sambungkan splitter ADSL ke kabel telepon. Sambungkan pesawat telepon ke port ADSL di splitter, dengarkan nada sambung Telkom.
Jika tidak ada nada sambung, berarti splitter tidak baik.
Jika ada nada sambung, berarti splitter untuk port ADSL secara fisik tersambung.

Pindahkan pesawat telepon, sekarang sambungkan pesawat telepon ke port telepon di splitter, dengarkan nada sambung Telkom.
Jika tidak ada nada sambung, berarti splitter tidak baik.
Jika ada nada sambung berarti splitter untuk telepon secara fisik tersambung.

Sambungkan port ADSL di splitter ke port telepon di router ADSL. Sambungkan pesawat telepon ke port telepon di splitter. Nyalakan router ADSL.
Dengarkan pesawat telepon, jika terdengar nada sambung Telkom yang jernih berarti splitter yang digunakan berfungsi dengan baik untuk memisahkan sinyal data ADSL dengan sinyal suara telepon.
Jika terdengar nada derau / gangguan pada frekuensi tinggi, lihat apakah kita salah memasukan kabel telepon & kabel router ADSL di splitter.
Jika kabel telah di masukan ke port yang benar, tapi derau frekuensi tinggi tidak bisa hilang, kemungkinan besar splitter anda yang tidak baik, coba usahakan untuk mengganti splitter.

2. Test sambungan komputer ke router ADSL

Sambungkan router ADSL dengan komputer menggunakan kabel LAN UTP.
Cek apakah LAN di kenali dan driver terinstall dengan baik. Start --> Control Panel --> System --> Device Manager --> Network Adapters. Klik di masing-masing network adapters, pastikan pada Device Status bahwa “This device is working properly”.
Jika tidak, install driver LAN sesuai dengan LAN card yang digunakan.

Baca manual dari router ADSL, cek IP addres default dari router ADSL.
Umumnya IP adress default router ADSL adalah 192.168.1.1, sebagian lagi 10.0.0.2.
Cek IP address PC yang anda gunakan Start --> Run --> command --> tulis ipconfig. Perhatikan IP address PC.
Pastikan bahwa IP address PC masih keluarga 192.168.1.x atau 10.0.0.x.
Jika IP address bukan 192.168.1.x atau 10.0.0.x, maka kita perlu secara manual menset IP address PC melalui Start --> Control Panel --> Network Connections --> Local Area Connection --> Properties --> Internet Protocol --> Properties --> Use the following IP address. Masukan,
IP address 192.168.1.x atau 10.0.0.x (x antara 2 s/d 254).
Subnet mask 255.255.255.0
Tekan tekan “OK” jika IP address telah di set.

Cek apakah PC dapat berkomunikasi dengan router ADSL. Lakukan ping melalui perintah Start --> Run --> Command. Dari DOS, ketik ping –t 192.168.1.1 atau ping –t 10.0.0.2

Pastikan bahwa router ADSL meresponds ping. Jika router ADSL adalah 192.168.1.1, kira-kira resonds ping adalah sbb, Reply from 192.168l.1.1: bytes=32 time<1ms TTL=63
Jika router ADSL tidak meresponds berarti ada masalah di sambungan LAN ke ADSL. Pastikan kabel LAN UTP yang digunakan baik, ini agak sukar untuk di test tanpa alat test kabel UTP. Cara sederhana lainnya, coba ganti kabel LAN dengan yang lain.

3. Test router ADSL apakah bekerja dengan sempurna

Untuk mentest apakah ADSL router telah beroperasi dengan benar atau belum. Masuk ke ADSL Router, Dapat melalui Web http://192.168.1.1 atau http://10.0.0.2, username & password default yang umumnya digunanakan adalah “admin” & “admin”. Sebaiknya baca manual untuk memastikan password yang digunakan.
Jika router ADSL menyertakan CD untuk instalasi, gunakan CD instalasi dan masuk menggunakan software yang dibawanya. Jika kita dapat masuk dengan benar, dan ada tampilan Web biasanya router ADSL sudah beroperasi.
Kita bisa memastikannya lagi dengan melihat log dari router ADSL. Biasanya ada di menu Status & Logs. Pastikan tidak ada error atau masalah yang tercatat di Logs.

5 komentar:

  1. Makacih kang infonya, ditambah lagi donk tips & trik nya.

    BalasHapus
  2. Insya Alloh nanti Saya coba nambah lagi artikelnys.sering aja berkunjung yaaa.....

    BalasHapus
  3. Thanx banget infonya..tapi aq punya masalah tuh kebalik dari tips #1, speedy aq baik gak bermasalah tapi nada sambungnya gak ada baik dari splitter maupun dari sambungan sebelum splitter. kira2 masalahnya dimana ya... aq dah bosen hubungi telkom udah capek.... jawabannya "iya nanti dilihat"... tapi aneh ya... kalo dihubungi tuk pasang baru kok responnya cepat sekali.. apa karna "aha...duit...duit...nyammiii.."

    BalasHapus
  4. ahhhh..... g kreatif bisay copi paste

    BalasHapus
  5. gimana cara nya gagar speedy bs berjalan , walau pun menlalui radio ? bukan kabel optic ? apa radio bs menybab kan speedy sering macet 2 gtu ???

    BalasHapus

Ebuddy Messenger & Free SMS